Followers

Sunday, January 31, 2016

CATUR PERMAINAN DAN MANFAATNYA



Catur atau kalau bahasa bulenya chess, sebuah permainan yang sangat menarik. Catur dengan peraturan yang sudah pasti, di mana salah dan benar sudah jelas. Permainan ini  membutuhkan kemampuan ide dan logika yang bagus. Selain perasaan cinta bagi mereka yang memang ingin ‘jago’ di cabang ini.
Keterampilan memainkan bidak-bidak catur dengan baik, menunjukkan bahwa seseorang memiliki kecemerlangan ide. Selain itu ia juga seorang yang mampu berpikir komprehensif. Karena dalam permainan catur semua bidak memiliki fungsi dan peran masing-masing berdasar aturan dan kemampuan masing-masing.


Seorang pemain catur pada dasarnya sedang memainkan peran sebagai seorang pimpinan tertinggi. Hal ini dikarenakan dia berhak mengatur semua personel bidak dalam permainan catur untuk menjadi tim terbaik. Kemampuan seorang pemain membentuk suatu sinergi antar berbagai bidak dan beragam kemampuan akan menentukan seberapa tangguh dia bermain catur.
Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kegemaran bermain catur. Dalam permainan yang satu ini, pemain dituntut untuk berpikir taktis. Para pecatur yang terbiasa bermain catur dengan baik, akan mempengaruhi pola pikirnya dalam merancang taktik. Keterbiasaanya dalam merancang taktik dalam bermain catur, akan mempengaruhi pecatur dalam kehidupan sehari-hari yang memerlukan taktik. Contoh, pada saat berbisnis maka pecatur akan piawai merancang taktik dan trik memajukan bisnisnya.


Saat ini terdapat pola permainan catur modern yang menggunakan waktu, biasanya dikenal dengan dengan catur blit. Para pecatur diharuskan membuat strategi permainan yang cepat supaya tidak kehabisan waktu, yang berarti akan menyebabkannya mengalami kekalahan. Dalam kerangka ini, pecatur dituntut untuk memiliki keterampilan merancang skenario, mengkoordinasi, mengaplikasikan taktik dan trik secara cepat dan tepat untuk memenangkan pertandingan. Nah, pecatur yang terbiasa memainkan catur dengan kerangka seperti ini, mengakibatkannya akan cepat mengambil keputusan terbaik dengan cepat. Bahkan dalam kondisi mendadak sekalipun. Misalnya, saat motor mau nabrak sesuatu secara mendadak.


Demikian sekilas tentang catur dan manfaatnya. Pendapat ini tidak mutlak, masih bisa diganggu gugat, karena opini ini bukan wahyu, tapi hanyalah sebuah budaya. OK guys, tos dulu.

No comments: